Cantik

Kecantikan adalah hal yang ingin dimiliki semua wanita. Pada dasarnya semua wanita memang mempunyai kecantikan. Namun kecantikan yang ada disetiap wanita itu berbeda-beda. Kecantikan itu tidak hanya yang terlihat mata namun kecantikan yang sebenarnya itu adalah kecantikan yang bersumber dari hati. Karena kecantikan fisik saja tidak cukup, perlu diimbangi dengan cantiknya hati. Cantik fisik belum tentu cantik hati tetapi jika hatinya cantik, sudah pasti dia canti dilihatnya. Maka dari itu, yuk kita percantik hati kita dengan cara :

  • Menghindari kata-kata keji dan perbuatan keji.

Kata-kata keji dan perbuatan keji yaitu kata dan perbuatan yang bersumber dari fikiran keji yang membuat diri kita menjadi hina. Maka janganlah kita menghinakan diri kita sendiri. Ingatlah, Tidak ada sesuatu pun yang lebih berat dalam timbangan seorang Mukmin pada Hari Kiamat nanti selain akhlak mulia. Sesungguhnya Allah membenci orang yang berbuat keji dan berkata-kata keji.” (HR at-Tirmidzi)

  • Meninggalkan perdebatan sekalipun benar, menghindari perkataan dusta sekalipun bercanda.
  • Mendengar pembicaraan orang lain dengan tekun serta menepati janji

“Di antara akhlak seorang mukmin adalah berbicara dengan baik, bila mendengarkan pembicaraan tekun, bila berjumpa orang dia menyambut dengan wajah ceria dan bila berjanji ditepati.” (HR. Ad-Dailami)

  • Tidak membeda-bedakan dalam bersosialisasi, tidak memandang kaya/miskin dan tidak juga meremehkan yang lemah.

“Dekatkan dirimu kepada-Ku (Allah) dengan mendekatkan dirimu kepada kaum lemah dan berbuatlah ihsan kepada mereka. Sesungguhnya kamu memperoleh rezeki dan pertolongan karena dukungan dan bantuan kaum lemah di kalangan kamu.” (HR. Muslim)

  • Tidak menyepelekan kebaikan

“Janganlah engkau menyepelekan kebaikan sedikitpun meski sekadar menuangkan air dari ember timbamu ke bejana orang yang meminta air, dan meski sekadar berbicara dengan saudaramu dengan wajah yang berseri-seri.” [HR Ahmad, Abu Dawud, Tirmidzi dan an-Nasa’i]

  • Bergaul dengan orang lain dan bersabar dari gangguannya

“Seorang mukmin yang bergaul dan sabar terhadap gangguan orang, lebih besar pahalanya dari yang tidak bergaul dengan manusia dan tidak sabar dalam menghadapi gangguan mereka.” (HR. Ahmad dan Tirmidzi)

  • Saling memberi hadiah pada sesama muslim

Hendaknya kamu saling memberi hadiah. Sesungguhnya pemberian hadiah itu dapat melenyapkan kedengkian.” (HR. Tirmidzi dan dan Ahmad)

  • Menghormati orang yang lebih tua

“Seorang pemuda yang menghormati orang tua karena memandang usianya yang lanjut maka Allah mentakdirkan baginya pada usia lanjut orang akan menghormatinya.” (HR. Tirmidzi)

  • Membela kehormatan orang lain yang difitnah dan dihina

Barangsiapa membela (nama baik dan kehormatan) saudaranya tanpa kehadirannya maka Allah akan membelanya di dunia dan di akhirat.” (HR. Al-Baihaqi)

  • Menyambung hubungan silaturahim dan tidak memutuskan hubungan (ketika bertengkar) lebih dari 3 malam

Tidak halal bagi seorang muslim menjauhi (memutuskan hubungan) dengan saudaranya melebihi tiga malam. Hendaklah mereka bertemu untuk berdialog mengemukakan isi hati dan yang terbaik ialah yang pertama memberi salam (menyapa).” (HR. Bukhari)

Marilah kita mulai merubah diri kita dari sekarang, dan semoga Allah SWT mempercantik akhlak kita sebagaimana Ia telah mempercantik penampilan fisik dan rupa kita. Aamiin….

Sumber : Klik disini

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s